-->

Cara Menghadapi Masa Lalu dan Memulai Masa Depan

Cara Menghadapi Masa Lalu dan Memulai Masa Depan

Kalian sering dengar pepatah mengatakan "masa lalu biarlah berlalu". Seperti quotes diatas, seakan-akan kalau kalian mengingat masa lalu artinya kalian tidak bisa move on dan melihat ke masa depan. Tapi sebenarnya, boleh atau tidak sih, kalian menengok ke masa lalu dan seberapa jauh kalian boleh melihat masa lalu?

"Yesterday's the past, tomorrow's  the future, but today is a gift. That's why it's called the present." – dari Bil Keane.
Kadang kalian ingin melupakan masa lalu, apalagi kalau masa lalu yang kalian alami bukanlah yang menyenangkan untuk kalian kenang. Tapi sebenarnya boleh menengok ke masa lalu, asalkan masa lalu yang buruk, bukan untuk kalian sesali, tapi untuk pelajaran di masa sekarang ataupun di masa depan. 

BACA JUGA :  JADIKAN MASA LALU ITU BENAR-BENAR "MASA LALU"

Apa sih gunanya melihat ke masa lalu?

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa melihat ke masa lalu hanya membuang-buang waktu saja. Karena waktu tidak bisa kembali. Justru kalau kalian tidak pernah melihat masa lalu , tidak akan ada proses belajar dari hal-hal yang sebelumnya sudab terjadi pada diri kalian. Bisa terjadi kalian akan tersandung pada masalah yang sama kalau kalian tidak belajar dari kesalahan kalian di masa lalu. Nah, sebaiknya ada hal yang harus kalian ambil sebagai pelajaran sebelum membiarkan masa lalu kalian berlalu.

CIRI-CIRI TERJEBAK DI MASA LALU


Masa lalu juga bisa menjebak. Apa saja ciri-ciri kalau kalian terlalu terikat oleh masa lalu kalian?

1. Mudah mengeluh

Salah satu kalian terjebak dalam masa lalu adalah mudah mengeluh dengan keadaan kalian sekarang. Dan tidak jarang kalian menyebut "kalau dulu tuh ya", ini menandakan kalau kalian tidak rela masa lalu kalian sudah berlalu.

2. Was-was
Masa lalu kalian yang buruk kadang menimbulkan trauma dalam diri kalian. Kalau kalian sering was-was atau takut terhadap sesuatu hal, artinya kalian tidak bisa melupakan masa lalu. Kalian takut kalau apa yang terjadi masa lalu bisa terjadi lagi kepada kalian di kemudian hari . Inilah alasan mengapa kalian harus belajar dari kesalahan di masa lalu agar tidak mengalami kesalahan yang sama.

Cara Menghadapi Masa Lalu dan Memulai Masa Depan

RAMBU-RAMBU MELIHAT KE MASA LALU


1. Ambil positifnya

Sebuah pengalaman yang terjadi pasti ada maksudnya dan hal itu bisa menjadi bahan pelajaran untuk kalian. Kalau kalian bisa mengambil sisi positifnya, maka ada kebaikan yang bisa kalian ambil dari kejadian tersebut. Hal ini bisa membuat kalian menjadi lebih baik dari sebelumnya.

2. Lihat dengan cara yang berbeda
Sebuah pengalaman yang buruk akan selalu buruk apabila kalian memandang dari sisi yang sama. Hal ini yang akhirnya membuat kalian trauma terhadap suatu hal. Kalian harus bisa melihat pengalaman tersebut dari sisi lain, ini akhirnya akan membuka mata dan pemikiran kalian sehingga menjadi motivasi kalian di masa sekarang serta masa depan.

3. Tidak membawa beban masa lalu

Saat pengalaman masa lalu tidak menyenangkan, jangan sampai menjadi beban di masa sekarang atau bahkan sampai masa depan. Karena kalian akan mengambil sisi negatifnya saja. Karena itu nantinya akan membuat kalian menjadi mudah mengeluh saat menghadapi sesuatu yang tidak sesuai keinginan.

4. Melihat secara periodik


Kalian dibolehkan melihat masa lalu bukan berarti membuat kalian menjadi terlalu sering menengok ke belakang. Saat kalian berulang tahun adalah salah satu momen kalian diharuskan melihat ke masa lalu. Karena ini merupakan salah satu bentuk evaluasi diri. Apa yang harus dipertahankan dari kalian, dengan begitu kalian dapat mengukur kemajuan yang terjadi didalam diri kalian.

Nah, demikian tips cara menghadapi masa lalu dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa move on ya !

LihatTutupKomentar