-->

Tips Mudah Membuat Undangan Online Dengan MS Word


Tips Mudah Membuat Undangan Online Dengan MS Word
Undangan merupakan sebuah surat pemberitahuan yang ditujukan pada seseorang agar orang tersebut hadir pada sebuah acara. Terdapat berbagai jenis surat undangan misalnya undangan ulang tahun, undangan pernikahan, undangan rapat, undangan khitanan, dan lain sebagainya. Terdapat banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk membuat undangan dan salah satunya melalui Ms. Word.

Ms. Word merupakan salah satu program pengolah kata yang dihadirkan oleh microsoft corporation untuk mempermudah para pengguna komputer. Ms. Word memiliki banyak fungsi misalnya untuk membuat makalah atau skripsi, untuk menulis artikel, untuk membuat proposal, bahkan untuk membuat kartu undangan.

Jadi, untuk membuat undangan kalian tidak perlu melakukannya secara manual atau memakai jasa pembuat undangan lagi. Kalian dapat mempraktekkannya langsung melalui Ms. Word yang ada di komputer kalian. Penasaran bagaimana cara membuat undangan melalui Ms. Word? Mari kita lihat beberapa penjelasannya di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Undangan Melalui Ms. Word dengan Template 

  1. Langkah awal yang harus kalian lakukan untuk membuat undangan melalui Ms. Word adalah menyambungkan komputer dengan koneksi internet karena saat membuat undangan nanti, kalian akan menghubungkan Ms. Word dengan browser untuk menjelajahi internet.
  2. Setelah koneksi internet terhubung dengan komputer, maka silahkan membuka program Ms. Word yang ada pada aplikasi Microsoft Office dengan mengklik Microsoft Word 2010. Kalian juga dapat melakukan cara pintas dengan mengklik shortcut Ms. Word 2010 yang terdapat pada desktop jika ada.
  3. Saat ini, kalian telah masuk ke dalam lembar kerja Ms. Word 2010. Klik new yang berada pada tombol office yang terletak di sebelah kiri atas untuk membuka lembar kerja baru
  4. Pada sub menu New tersebut, carilah sub menu invitation yang biasanya terletak agak bawah, gunakan scroll mouse untuk mencarinya. Setelah ketemu, klik sub menu invitation tersebut.
  5. Setelah kalian mengklik sub menu invitation, akan muncul berbagai template menarik yang dapat kalian gunakan untuk membuat undangan secara otomatis. Silahkan klik template yang kalian sukai kemudian klik download untuk mengunduh tema undangan tersebut.
  6. Silahkan menunggu hingga proses pengunduhan selesai. Seberapa lama proses pengunduhan tergantung dari kekuatan koneksi internet kalian. Jika koneksi internet kalian buruk, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendownload template tersebut, begitu juga sebaliknya.
  7. Setelah selesai melakukan pengunduhan maka tema yang tadi kalian pilih secara otomatis akan tampil pada layar monitor. Kalian dapat melakukan proses editting sesuai dengan undangan yang akan kalian buat.
  8. Saat proses editting yang meliputi penambahan nama, alamat, tanggal, deskripsi dan lain sebagainya telah selesai dilakukan maka kalian dapat mencetak undangan yang telah selesai kalian buat. Klik tombol ctrl + p pada keyboard atau klik office button lalu pilih sub menu print.
  9. Pastikan komputer kalian terhubung dengan mesin pencetak atau printer. Jika kalian tidak memiliki printer, maka kalian dapat mencetak undangan yang telah kalian buat pada jasa percetakan.
  10. Jangan lupa menyimpan undangan yang telah kalian buat dengan menekan tombol save as pada menu office button, dan simpanlah dalam format word 97-2003 untuk menjaga kompatibilitas undangan tersebut.

Membuat undangan sendiri melalui Ms. Word terbilang cukup mudah. Selain itu, kalian juga dapat menghemat pengeluaran kalian hingga puluhan ribu rupiah, apalagi jika kalian membutuhkan undangan dalam jumlah yang besar.

LihatTutupKomentar